Manipulasi Teknologi Games di Era Digital
Manipulasi Teknologi Games di Era Digital
Revolusi industri 4.0 membawa sebuah dampak
yang sangat besar dalam kehidupan sehari hari kita, mulai dari proses belajar
mengajar, bekerja, hingga bersosial pun mempunyai perubahan yang sangat besar
pada era industri 4.0 ini. Revolusi industri 4.0 merupakan perubahan
fundamental di bidang industri yang telah memasuki era baru. Gelombang keempat
dari perjalanan dan perkembangan revolusi industri. Sebab itulah disebut dengan
revolusi industri 4.0.
Secara sederhana, revolusi industri 4.0 dapat
dipahami sebagai perkembangan teknologi pabrik yang mengarah pada otomasi dan
pertukaran data terkini secara mudah dan cepat yang mencakup sistem
siber-fisik, internet untuk segala (internet of things), komputasi
awan (cloud
computing), dan komputasi kognitif. Otomasi sendiri merupakan
sebuah teknik penggunaan mesin yang disertai dengan teknologi dan sistem
kontrol guna mengoptimalkan produksi dan pengiriman barang serta jasa. Dalam
teknik ini, peran tenaga kerja manusia tak lagi mendominasi, karena kerja
mesin-mesin robotik mampu bekerja lebih cepat dengan hasil yang lebih baik
dalam kuantitas maupun kualitas.
Pada era 4.0 juga mempunyai sebuah dampak besar
terhadap revolusi games, dimana pada era industri 4.0 ini semua bentuk games
bisa dengan mudah di akses dan digunakan hanya dengan genggaman tangan.
Terutama dengan adanya sebuah teknologi yang sangat canggih, fitur yang ada di
dalam sebuah teknologi games pun bermacam macam variasi dan model nya. Sehingga
dengan adanya banyak fitur yang dihadirkan di dalam sebuah video games, bisa
membuat seorang yang ingin bermain merasa nyaman dan keterusan untuk
memainkannya. Dari awal dimunculkannya game yang
hanya bisa dimainkan paling banyak dua orang di tempat yang sama hingga saat
ini hingga resolusi yang sangat memanjakan mata dan banyaknya pilihan jenis
game memerlukan ilmuan serta biaya yang tidak sedikit, kita bisa langsung
membahas sejarah singkat perkembangan game ini.
1.
Awal Mula
Perkembangan game dimulai pada
sejak tahun 1950 an di Universitas Manchester (Manchester Mark 1), Universitas
Cambridge (EDSAC), Universitas
Pennsylvania (EDVAC) dan Universitas
Princeton (mesin IAS), disini lah tempat bermulanya video game yang menjadi
hiburan kita sehari – hari. Sebelumnya, video game dibagi menjadi tiga kategori
: yaitu program pelatihan dan pengajaran, program penelitian dan program
demonstarasi untuk menghibur masyarakat.
2.
Zona Mainframe
Diciptakan oleh Steve Russell
, Martin Graetz, dan Wayne Wiitanen di tahun 1961, di program oleh Russell,
Saunders, Graetz, Samson, dan Dan Edwards pada 1962 maka lahirlah game yang
bernama Space War yang terinspirasi dari cerita fiksi karya EE Smith yang
berisikan pertarungan antara dua pesawat luar angkasa, game ini dikendalikan
oleh kotak kontrol khusus.
3.
Genereasi Game Arcade (1972–1978)
Hingga pada tahun 1972, Nolan
Bushnell dan Ted Dabney menyatukan misi untuk mendirikan ATARI sebuah kemitraan
di bidang pembuatan game, ciptaan yang pertama adalah game Pong, merupakan sebuah game tenis multiplayer dengan
controller yang disediakan dan memerluka koin untuk bisa memainkan game ini.
Tidak hanya itu, pada tahun ini banyak sudah berkembang perusahaan-perusahaan
game yang menambah banyaknya genre game dimuka bumi, yang contohnya seperti
Gran Trak 10 (1974) dan Tank (1974) dari Atari, dan Wheels (1975), Gun
Fight , (1975) dan Sea Wolf(1976) dari Midway.
4.
Zaman Keemasan (1978–1982)
Space Invaders adalah
game arcade yang muncul pada zaman ini dan pertama kali menyiapkan konsep skor
dengan timer, mendapatkan nyawa tambahan jika player dapat melebihi skor
minimum dan dapat menyimpan data skor tertinggi di dalam game ini. Hal ini
sontak menjadi loncatan besar bagi industri game didunia. Disini pula game
legendaris yang tidak asing di telinga kita yaitu Pacman, game inimendaji
deretan game terlaris pada saat itu, mereka menjual sekitar 96.000 unit ke
Amerika Serikat.ada juga Coleco,
sebuah game arcade yang juga mendapatkan pencapaiaan yang luar biasa yaitu
terjual habis sebanyak 550.000 unit pada tahu 1982.Game – game diatas dijual
dengan perangkat keras, floppy disk, kaset dan katdride ROM.
5.
Zona Tidak Aman Game 1983
Pada tahun ini merupakan tahun
dimana produksi game mengalami pemerosotan yang sangat rendah, fenomena ini
dikarenakan banyaknya penjualan game yang kurang berkualitas sehingga banyaknya
perusahaan game di Amerika yang bangkrut alias harus gulung tikar saat itu.
6.
Era Bangkit (1983–1995) (8-bit)
Setelah mengalami keterpurukan di Amerika Serikat, akhirnya industri game saat itu dimulai lagi di Jepang pada awal tahun 1983 dengan merilis Nintendo ‘s Family Computer (“Famicom”) dan Sega ‘s SG-1000 pada 15 Juli 1983. Versi ini terus dtingkatkan hingga dirilisnya Mark III Sega. Di era ini peran, joystick, dayung dan keypad sebagai pengontrol game default digantinkan dengan gamepad atau joypad
7.
Era Persaingan (1987–2004) (16-bit)
Dunia game terus berkembang dan kini
merambah ke dunia 16 – bit, sistem permainan pertama yang mengguakan sistem 16
– bit ini adalah The TurboGrafx-16. Disini juga pertama kali
munculnya perangkat game yang menggunakan CD Drive yaitu Playstation yang
pastinya tidak asing ditelinga kita.
8.
Era (1993–2005) (32- dan 64-bit)
The Virtual Boy dari Nintendo muncul di zaman ini pada tahun 1995
sebagai perangkat game yang pertama kali mambawakan 3D, tapi kurangnya dukungan
dari pihak lain, perangkat ini keluar dari pasar. Hingga akhirnya nintendo
mengeluarkan Nintendo 64 merupakan debut lanjutan untuk game 3D.Pada tahun 1996
Capcom merilis game Resident Evil yang menjadi game survival horor terlaris
pertama di dunia, mencapai hingga 2 juta copy pada zamannya.
9.
Era (1998-2013)
Era ini diawali dengan
munculnya Sega Dreamcast pada tahun 1998 yang menjadi perangkat game perdana
yang dapat menggunakan sistem online. Ditahun 2000 muncul penerus Playstation
yaitu PS2 yang juga dapat menggunakan Enthernet,
grafik yang lebih dari pendahulunya dan dapat memutar video serta musik,
sehingga kita tidak memerlukan lagi DVD player untuk memutar DVD dirumah.
10.
Era (2005 – sekarang)
Nintendo dan Playstation
mengeluarkan produk baru mereka yaitu Nintendo DS dan Playstation Portable yang keduanya merupakan perangkat game yang dapat kita
bawa kamana saja. Dan akhirnya Microsoft ikut andil dalam perkembangan game ini
dan memunculkan Xbox 360 dan sony mengikuti mengan munculnya Playstation 3.
11.
Era (2012 – sekarang)
Di zaman ini akhirnya banyak
bermunculan perangkat – perangkat game yang berkualitas seperti PlayStation
4, Xbox One dan Nintendo Switch yang hingga kini kita dapat memainkannya di
rumah. Perangkat – perangkat dizaman ini sudah mendukung untuk memainkan game –
game barat sekali pun.
Komentar
Posting Komentar