Manipulasi Teknologi Games di Era Digital


Manipulasi Teknologi Games di Era Digital

 


Revolusi industri 4.0 membawa sebuah dampak yang sangat besar dalam kehidupan sehari hari kita, mulai dari proses belajar mengajar, bekerja, hingga bersosial pun mempunyai perubahan yang sangat besar pada era industri 4.0 ini. Revolusi industri 4.0 merupakan perubahan fundamental di bidang industri yang telah memasuki era baru. Gelombang keempat dari perjalanan dan perkembangan revolusi industri. Sebab itulah disebut dengan revolusi industri 4.0.

Secara sederhana, revolusi industri 4.0 dapat dipahami sebagai perkembangan teknologi pabrik yang mengarah pada otomasi dan pertukaran data terkini secara mudah dan cepat yang mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala (internet of things), komputasi awan (cloud computing), dan komputasi kognitif. Otomasi sendiri merupakan sebuah teknik penggunaan mesin yang disertai dengan teknologi dan sistem kontrol guna mengoptimalkan produksi dan pengiriman barang serta jasa. Dalam teknik ini, peran tenaga kerja manusia tak lagi mendominasi, karena kerja mesin-mesin robotik mampu bekerja lebih cepat dengan hasil yang lebih baik dalam kuantitas maupun kualitas.

Pada era 4.0 juga mempunyai sebuah dampak besar terhadap revolusi games, dimana pada era industri 4.0 ini semua bentuk games bisa dengan mudah di akses dan digunakan hanya dengan genggaman tangan. Terutama dengan adanya sebuah teknologi yang sangat canggih, fitur yang ada di dalam sebuah teknologi games pun bermacam macam variasi dan model nya. Sehingga dengan adanya banyak fitur yang dihadirkan di dalam sebuah video games, bisa membuat seorang yang ingin bermain merasa nyaman dan keterusan untuk memainkannya. Dari awal dimunculkannya game yang hanya bisa dimainkan paling banyak dua orang di tempat yang sama hingga saat ini hingga resolusi yang sangat memanjakan mata dan banyaknya pilihan jenis game memerlukan ilmuan serta biaya yang tidak sedikit, kita bisa langsung membahas sejarah singkat perkembangan game ini.

1.       Awal Mula

Perkembangan game dimulai pada sejak tahun 1950 an di Universitas Manchester (Manchester Mark 1)Universitas Cambridge (EDSAC)Universitas Pennsylvania (EDVAC) dan Universitas Princeton (mesin IAS), disini lah tempat bermulanya video game yang menjadi hiburan kita sehari – hari. Sebelumnya, video game dibagi menjadi tiga kategori : yaitu program pelatihan dan pengajaran, program penelitian dan program demonstarasi untuk menghibur masyarakat.

2.       Zona Mainframe

Diciptakan oleh Steve Russell , Martin Graetz, dan Wayne Wiitanen di tahun 1961, di program oleh Russell, Saunders, Graetz, Samson, dan Dan Edwards pada 1962 maka lahirlah game yang bernama Space War yang terinspirasi dari cerita fiksi karya EE Smith yang berisikan pertarungan antara dua pesawat luar angkasa, game ini dikendalikan oleh kotak kontrol khusus.

3.       Genereasi Game Arcade (1972–1978)

Hingga pada tahun 1972, Nolan Bushnell dan Ted Dabney menyatukan misi untuk mendirikan ATARI sebuah kemitraan di bidang pembuatan game, ciptaan yang pertama adalah game Pong, merupakan sebuah game tenis multiplayer dengan controller yang disediakan dan memerluka koin untuk bisa memainkan game ini. Tidak hanya itu, pada tahun ini banyak sudah berkembang perusahaan-perusahaan game yang menambah banyaknya genre game dimuka bumi, yang contohnya seperti  Gran Trak 10 (1974) dan Tank (1974) dari Atari, dan Wheels (1975), Gun Fight , (1975) dan Sea Wolf(1976) dari Midway.

4.       Zaman Keemasan (1978–1982)

 

Space Invaders adalah game arcade yang muncul pada zaman ini dan pertama kali menyiapkan konsep skor dengan timer, mendapatkan nyawa tambahan jika player dapat melebihi skor minimum dan dapat menyimpan data skor tertinggi di dalam game ini. Hal ini sontak menjadi loncatan besar bagi industri game didunia. Disini pula game legendaris yang tidak asing di telinga kita yaitu Pacman, game inimendaji deretan game terlaris pada saat itu, mereka menjual sekitar 96.000 unit ke Amerika Serikat.ada juga Coleco, sebuah game arcade yang juga mendapatkan pencapaiaan yang luar biasa yaitu terjual habis sebanyak 550.000 unit pada tahu 1982.Game – game diatas dijual dengan perangkat keras, floppy disk, kaset dan katdride ROM.

 

5.       Zona Tidak Aman Game 1983

Pada tahun ini merupakan tahun dimana produksi game mengalami pemerosotan yang sangat rendah, fenomena ini dikarenakan banyaknya penjualan game yang kurang berkualitas sehingga banyaknya perusahaan game di Amerika yang bangkrut alias harus gulung tikar saat itu.

6.       Era Bangkit (1983–1995) (8-bit)

Setelah mengalami keterpurukan di Amerika Serikat, akhirnya industri game saat itu dimulai lagi di Jepang pada awal tahun 1983 dengan merilis Nintendo ‘s Family Computer (“Famicom”) dan Sega ‘s SG-1000 pada 15 Juli 1983. Versi ini terus dtingkatkan hingga dirilisnya  Mark III Sega. Di era ini peran, joystick, dayung dan keypad sebagai pengontrol game default digantinkan dengan gamepad atau joypad

7.       Era Persaingan (1987–2004) (16-bit)

Dunia game terus berkembang dan kini merambah ke dunia 16 – bit, sistem permainan pertama yang mengguakan sistem 16 – bit ini adalah The TurboGrafx-16. Disini juga pertama kali munculnya perangkat game yang menggunakan CD Drive yaitu Playstation yang pastinya tidak asing ditelinga kita.

8.       Era (1993–2005) (32- dan 64-bit)

The Virtual Boy dari Nintendo muncul di zaman ini pada tahun 1995 sebagai perangkat game yang pertama kali mambawakan 3D, tapi kurangnya dukungan dari pihak lain, perangkat ini keluar dari pasar. Hingga akhirnya nintendo mengeluarkan Nintendo 64  merupakan debut lanjutan untuk game 3D.Pada tahun 1996 Capcom merilis game Resident Evil yang menjadi game survival horor terlaris pertama di dunia, mencapai hingga 2 juta copy pada zamannya.

9.       Era (1998-2013)

Era ini diawali dengan munculnya Sega Dreamcast pada tahun 1998 yang menjadi perangkat game perdana yang dapat menggunakan sistem online. Ditahun 2000 muncul penerus Playstation yaitu PS2 yang juga dapat menggunakan Enthernet, grafik yang lebih dari pendahulunya dan dapat memutar video serta musik, sehingga kita tidak memerlukan lagi DVD player untuk memutar DVD dirumah.

10.    Era (2005 – sekarang)

Nintendo dan Playstation mengeluarkan produk baru mereka yaitu Nintendo DS dan Playstation Portable yang keduanya merupakan perangkat game yang dapat kita bawa kamana saja. Dan akhirnya Microsoft ikut andil dalam perkembangan game ini dan memunculkan Xbox 360 dan sony mengikuti mengan munculnya Playstation 3.

11.    Era (2012 – sekarang)

Di zaman ini akhirnya banyak bermunculan perangkat – perangkat game yang berkualitas seperti PlayStation 4, Xbox One dan  Nintendo Switch yang hingga kini kita dapat memainkannya di rumah. Perangkat – perangkat dizaman ini sudah mendukung untuk memainkan game – game barat sekali pun.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Review Quiz - Sistem Keamanan Komputer - Tegar Maulana

UU ITE - FORENSIK TEKNOLOGI INFORMASI

Dampak Covid-19 dalam Dunia Sosial Masyarakat